Fungsi Torque divider secara hidrolik dan mekanikal pada pengembangan torque converter - Torque divider ini merupakan komponen yang secara mekanikal menghubungkan engine dengan power shift transmission pada sistem hidrolik. Secara hidrolik dengan melalui torque converter dan secara mekanikal dengan melalui planetary gear set.
Baca juga artikel : Pengembangan torque converter outlet relief dan ratio valve
Pengaturan oli yang sama ini diatur dengan melalui transmission control valve, dan kombinasi ini terdapat pada machine besar dari oli pada transmission control valve dengan oli yang terdapat pada torque converter charging pump.
Pada saat oli ini yang terdapat pada machine bekerja dengan beban ringan, maka torque dilipatgandakan yang disesuaikan dengan beban pada mesin, dan lain halnya ketika mesin bekerja dengan beban berat maka akan lebih besar pada ari lipat ganda tersebut. Planetary gear set juga melipatgandakan torque dari engine dan torque yang besar tersebut dikirim ke transmission.
Torque Divider = Torque Converter + Planetary Gear Set
Torque Divider ini terdapat beberapa Keuntungan dalam sistem kerja pada hidrolik dianataranya : Yang secara terus menerus memindahkan tenaga, menaikan torque out put, meredam kejutan dan operasi secara direct drive. Komponen yang terdapat pada torque divider anatara lain : Stator, Turbine, Sun Gear, Planet Gear dan Carrier Ring Gear.
Seperti yang tampak pada gambar pada sisi sebelh kiri disebut dengan planetary gear set sedangkan pada sebelah kanan adalah torque converter yang secara mekanikal seperti impeller, rottating housing serta sun gear dapat dihubungkan secara mekanikal dengan engine.
Sedangkan planet carrier terhubung dengan output shaft yang menuju transmisi dan turbine dihubungkan dengan ring gear. Selain itu, seperti komponen sun gear dan impeller yang terhubung dengan flywheel berputar searah dengan putaran engine.
Turbine yang berputar searaha dengan impeller tersebut selama tidak terdapat beban yang disebabkan oli yang masuk torque divider ke inlet dan dialirkan impeller menuju kisi - kisi turbine.
Torque Divider
Planer Carrier turun ketika machine mendapat beban putaran dari output shaft, sehingga berakibat relative motion pada sun gear dan planet gear berputar yang disebabkan dari turunya planet carrier, yang dari hal tersebut menyebabkan menurunya putaran dari ring gear serta turbine.
Kondisi tersebut seperti torque converter berfungsi untuk melipatgandakan torque dan planetary gear seta berfungsi membagi torque. Ring gear dan turbine yang berputar berlawanan dengan engine ini disebabkan pada kondisi stall dimana torque converter output shaft berhenti karena beban.
Sedangkan pelipatgandaan pda torque secara maksimum yang terjadi pada torque divider, ketika machine mendapat beban dan ketika ring gear serta turbine mulai berlawanan perputaranya. Terdapat 70% untuk pembagian penyaluran pada torque divider dan 30% planetary gear set, berikut ini penyaluran tenaga pada torque divider :
Engine – flywheel , Sun gear – planet gear (carrier) – output shaft, Rotating housing – impeller – turbine – ring gear – planet gear (carrier) – output shaft.
Artikel terkait :
0 komentar