Komponen Torque Converter dengan Lock Up dan direct drive pada pengembangan torque converter - Torque converter dengan lock- up, seperti yang terlihat pada gambar telah ditunjukan komponen torque converter drive dan ketika lockup clutch tidak lagi engage. Perputaran lebih cepat selama beroperasi pada rotating housing dan impeller dibanding dengan turbine.
Baca juga artikel : Fungsi Torque divider secara hidrolik dan mekanikal pada pengembangan torque converter
Sedangkan seperti stator diam yang berfungsi untuk melipatgandakan torque diantara empeller dan turbine. Dan putaran engine lebih cepat jika dibandingkan dengan putaran engine yang digunakan untuk meningkatkan torque.
Converter Drive
Seperti pada kondisi tersebut untuk machine lebih mengutamakan orque jika dibandingkan dengan kecepatan atau speed dan ketika pada gigi rendah dan saat perpindahan gigi atau shifting dapat berfungsi sebagai startup. Pada covert drive ini : Output shaft berputar lebih lambat dibanding putaran engine dan Torque berlipat ganda
Direct Drive
Seperti yang tampak pada gambar tersebut menunjukan orque converter pada posisi direct drive serta penyatuan turbine dan impeller melalui lockup clutch di-engaged-kan oleh tekanan oli. Sedangkan kecepatan sama pada saat berputar dengan engine terdapat pada komponen housing, impeller, turbine dan output shaft pada torque converter.
Torque Converter Direct Drive
Dengan melalui tekanan oli yang terdapat didalam housing pada komponen stator yang terhubung dengan freewheel atau one way clutch yang menyebabkan komponen dapat berputar dengan rpm yang hampir sama dengan engine.
Selain itu, seperti kondisi direct drive bila dibandingkan dengan torque lebih mengutamakan speed serta digunakan pada tenaga yang dipindahkan sangat efisisen dalam penggunaan pda gigi tinggi.
Direct Drive : Lockup clutch engaged oleh tekanan oli dari lock up control valve, Output shaft berputar sama dengan putaran engine, Stator pada posisi freewheel.
Komponen torque converter dengan lock up
Seperti yang tampak pada gambar terdapat nama serta komponen yang terdapat pada torque convereter dengan lock up clutch diantaranya antara lain sebagai berikut : Rotating housing , Impeller, Turbine, Stator, One way clutch (freewheel), Hub, Lock up clutch (piston, disc dan plate), Carrier dan Output Shaft.
Variable capacity torque converter atau VCTC
Seperti yang tampak pada gambar terdapat dua impeller pada torque converter satu clutch digerakan secara hidrolik yang berfungsi untuk membatasi jumlah kenaikan torque. Sedangkan power yang dari diesel engine dikirim melalui flywheel menuju torque converter atau impeller clutch yang disingkat dengan VCTC.
Variable Capacity Torque Converter (VCTC)
Sedangkan VCTC control lever atau switch electric berfungsi untuk mengontrol kapasitas torque converter secara manual dan operator station tersebut merupakan lokasi dari lever dan switch. Dari drive shaft menuju transfer gear power dari output shaft torque convereter dikirim.
Transfer gear dan output gear ini berfungsi untuk memutar input shaft dan transmission, pada transfer gear transmission output memberikan power kepada idler gear pada transfer gear menuju output gear. Sedangkan pada driveshaft menuju rear drive pinion melalui Output transfer gear mengirim power, dan ke rear final drive output gear mengirim power ke front final drive.
Berikut ini keuntungan pemakaian VCTC diantaranya adalah Mengurangi slip pada roda, mengurangi keausan pada ban dan menaikkan engine power yang ada untuk hydraulic system.
Artikel terkait :
0 komentar